Yoga untuk kesehatan anak

Gerakan yoga bermanfaat untuk kesehatan si kecil? Benarkah


yoga




Selama ini kamu pasti hanya mengenal bahwa orang dewasa saja yang melakukan yoga guna mendukung kesehatan mereka. Padahal gerakan yoga juga bisa dilakukan oleh anak kecil dan baik untuk kesehatan tubuh mereka, lho. Alasannya, tentu saja karena yoga membuat tubuh si kecil jadi lebih lentur dan aktif sehingga membuat kesehatan dan kebugaran tubuh mereka terjaga.
Kamu perlu bukti yang lain? Dilansir dari indiatimes.com, berikut penjelasannya.
Yoga membuat anak melatih kekuatan fisiknya

Asanas atau gerakan yoga membantu anak-anak belajar bagaimana caranya untuk bergerak lebih bebas dengan mudah. Selain itu yoga juga akan mempromosikan kekuatan fisik dan fleksibilitas otot dan membuat anak-anak berlatih menggunakan otot tubuh mereka dengan maksimal.

1. Yoga membuat anak jadi lebih fokus


Yoga yang menekankan proses konsentrasi ternyata bermanfaat untuk membuat anak jadi lebih fokus. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi mereka agar lebih berkonsentrasi dalam pelajaran. Yoga juga mengajarkan anak bagaimana menjadi lebih tenang sehingga mereka bisa belajar untuk mengambil keputusan dengan baik.

Baca juga Cukup Tekan Jari Untuk Sembuhkan Stres

2.  Yoga meningkatkan kesehatan pernapasan


Dalam gerakan pranayama, anak akan didorong untuk bernapas secara mendalam dan menyeluruh. Hal inilah yang kemudian memberikan manfaat positif untuk kesehatan pencernaan mereka.

3. Yoga menyalurkan energi anak secara positif


Anak kecil memang selalu berenergi tinggi dan bahkan cenderung hiperaktif. Oleh karena itu berlatih yoga menjadi kegiatan positif yang bisa membantu mereka untuk menyalurkan energinya. Selain itu gerakan yiga juga bisa membuat mereka jadi lebih santai dan tenang.

4. Yoga meningkatkan kemampuan anak dalam bersosialisasi


Yoga menginspirasi anak-anak untuk memahami pentingnya menjadi baik, sabar, lembut, dan tegas dengan teman-teman mereka. Yoga membantu anak-anak memahami konsep kesatuan dan harmoni dengan bekerja sama.

5. Yoga mengajarkan pada anak pentingnya hidup sehat


Yoga adalah cara yang bagus bagi anak-anak untuk berolahraga dan merasa sehat. Stres, kebiasaan makan yang buruk dan faktor gaya hidup tidak sehat lainnya berkontribusi mengembangkan obesitas. Melalui yoga, anak-anak akan belajar pentingnya aktivitas fisik, makan sehat, pikiran positif dan relaksasi tubuh.

Untuk mengajarkan anak yoga, ada baiknya ajari dari gerakan yang paling sederhana saja. Dan jangan memaksa mereka jika mereka tidak mau melakukan. Bujuk saja secara perlahan untuk membuat yoga jadi terasa menyenangkan.


loading...

Suka Dengan Artikel Kami? Tidak Salahnya Bukan Untuk Berlangganan Artikel Terbaru Dari Dunia-q.com Langsung Via E-mail Mu