Malaysia Kenampakan Alam dan Keadaan sosial

KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA TETANGGA


malaysia dan kadaan negara


Malaysia


bendera malaysia
Ibukota : Kuala Lumpur
Bentuk Pemerintahan : Kerajaan Konstitusional
Kepala Negara : Yang Dipertuan Agong
Kepala Pemerintah : Perdana Menteri
Lagu Kebangsaan : Negaraku
Mata Uang : Ringgit
Bahasa : Melayu, Cina, Inggris, dan Tamil
Agama : Islam, Budha, Khonghucu, dan Kristen


Keadaan Alam

Malaysia memiliki wilayah dengan luas 329.758 km
Wilayahnya terdiri atas dua Wilayah yaitu Malaysia bagian barat dan Malaysia bagian timur, dan kedua wilayah ini terpisah oleh Laut Cina Selatan. Wilayah Malaysia bagian barat berada di Semenanjung Malay. Disebelah Utara, Malaysia Bagian barat berbatasan dengan Singapura.

Malaysia bagaian barat memiliki kenampakan alam berupa rangkaian pegunungan di bagian tengah, dataran rendah di Selatan, Kawasan hutan di bagian timur, dan lahan subur yang luas di sebelah Barat.

Keadaan Sosial

     Malaysia Adalah salah satu Negara di Asia Tenggara yang terdiri atas beragam multi etnis dengan beragam budaya dan agama. Penduduk nya terdiri atas suku bangsa melayu, Cina, Arab, dan India. Mereka menganut beragam agama seperti Islam, Buddha, Khonghucu, dan Kristen.

    Bahasa yang mereka pergunakan pun ada beberapa macam, Yaitu bahasa melayu sebagai bahasa resmi, Bahasa China, Bahasa Tamil, dan Bahasa Inggris.Sebagian besar penduduk bekerja di bidang Pertanian, Pertambangan, dan Perindustrian. Contoh hasil pertanian Malaysia adalah teh, lada, kopra, karet, dan kelapa sawit dan Hasil pertambangan Malaysia adalah bauksit, bijih besi, dan minyak bumi, Malaysia juga dikenal sebagai Negara penghasil timah terbesar di dunia.\

    Salah satu kenampakan buatan yang menjadi cirri khas Negara Malaysia adalah Menara Petronas. Walaupun letak antara Negara Indonesia d engan Malaysia berdekatan, tapi hubungan di antara kedua Negara kadang kurang harmonis.

Permasalahan yang pernah ramai adalah adanya klaim dari Malaysia terhadap budaya asli Indonesia yang di klaim sebagai milik Malaysia di antara nya adalah, Kesenian Reog Ponorogo, Lagu Rasa Sayange dari kepulauan Maluku, batik, Tari Pendet, angklung, beras adan Krayan yang merupakan beras aslu Nunukan, Kalimantan Timur, dan Yang terbaru adalah tari Tor-Tor dan gondang sambilan yang merupakan asli kesenin dari Sumatra Utara.
loading...

Suka Dengan Artikel Kami? Tidak Salahnya Bukan Untuk Berlangganan Artikel Terbaru Dari Dunia-q.com Langsung Via E-mail Mu