SINGAPURA KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA TETANGGA

KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA TETANGGA


singapura



Singapura


singapura

Ibukota : Singapura
Bentuk Pemerintahan : Republik
Kepala Negara : Presiden 
Kepala Pemerintah : Perdana Menteri
Lagu Kebangsaan : Majulah Singapura
Mata Uang : Dolar Singapura
Bahasa : Melayu, Cina, Inggris, dan Tamil
Agama : Islam, Budha, Khonghucu, dan Kristen



Kenampakan Alam

Singapura memiliki wilayah seluas 660 km2 . Wilayahnya terletak dibagian selatan Semenanjung Malaya, Singapura terdiri atas sebuah pulau utama bernama Pulau Singapura dan 60 Pulau kecil lain nya. Sebelah Utara Singapura berbatasan dngan Selat Johor, Sebelah Timur dengan Selat Karimata, Sebelah Selatan dengan Selat Singapura dan Sebelah Barat dengan Selat Malaka.
Kenampakan alam Singapura antara lain di bagian tengah terdapat banyak batu karang, dan daerah Pantai di sebelah Barat. Singapura memiliki iklim tropis yang hangat dan lembap dengan musim hujan lebih banyak dibandingkan musim kemarau. Titik paling tinggi di Singapura adalah Bukit Timah dengan ketinggian 166 meter.

Dahulu, wilayah Singapura adalah hutan lebat, namun dengan bertambahnya jumlah penduduk, wilayah hutan semakin berkurang. Saat ini pemerintah menetapkan 5 persen sisa hutan yang ada ditetapkan sebagai hutan lindung.

Keadaan Sosial


Singapura adalah Negara dengan beragam ras, di antaranya adalah Cina, Melayu, India, Pakistan, Sri Lanka, dan Arab. Bearagam ras yang ada di Singapura membuat Negara ini memiliki berbagai agama, di antara nya adalah Buddha, Taoisme, dan Islam. Bahasa utama yang di gunakan adalah Cina, Inggris, Melayu, dan Tamil.

Singapura adalah salah satu Negara di Asia Tenggara yang paling makmur, Negara ini bahkan bisa di bandingkan dengan ngara-negara di Eropa Barat.
Walaupun memiliki wilayah Negara terkecil, Singapura merupakan Negara paling maju di Asia Tenggara. Sebelumnya, Wilayah Singapura hanya berupa hutan lebat yang tidak berpenghuni. Sampai akhirnya Gubernur Jendral Inggris yang saat itu memerintah Singapura, Sir Stamford Raffles, menjadikan Singapura sebagai Bandar perdagangan.

air mancur singapura

Letah Negara yang strategis di jalur perdagangan membuat Singapura menjadi salah satu pelabuhan transit internasional paling sibuk di dunia. Penduduk singapura sadar bahwa lahan yang mereka miliki sangat sempit, mereka juga tidak memiliki banyak sumber daya alam. Oleh karena itu, mreka sangat menggantungkan hidupnya dari bidang jasa, seperti perdagangan, perbankan, dan pariwisata.

loading...

Suka Dengan Artikel Kami? Tidak Salahnya Bukan Untuk Berlangganan Artikel Terbaru Dari Dunia-q.com Langsung Via E-mail Mu