boleh gak ibu menyusui makan pedas


Bolehkah Ibu Menyusui Makan Pedas?

boleh tidak ibu menyusui makan pedas


Bunda doyan pedas atau sambal ?
Tentu jadi dilema ketika dalam masa kehamilan atau menyusui, karena banyak mitos yang berkembang di masyarakat bahwa mengkonsumsi makanan pedas selama kehamilan dan menyusui akan mengakibatkan beberapa gangguan pada janin, begitu juga pada bayi yang mendapatkan asi ekslusif. 

Makanan pedas diduga akan mempengaruhi kualitas asi sehingga membuat bayi mengalami gangguan pencernaan terutama diare, betulkah hal tersebut? Ahli laktasi menyarankan pada ibu yang sedang menyusui untuk tidak khawatir dikarenakan cita rasa asi tidak sama 100% dengan makanan yang anda konsumsi sehingga rasanya akan terasa samar atau hambar dan bertahan selama 8 jam.


Tentu ada hal-hal yang harus anda jaga untuk kualitas asi adalah dengan memilih variasi jenis makanan sehingga kualitas asi akan tetap terjaga. Beberapa ibu mengkhawatirkan apabila mengkonsumsi makanan pedas akan mengakibatkan gangguan kesehatan pada bayi dimulai mulas dan juga mencret, meskipun demikian makanan pedas dapat anda konsumsi dengan jumlah yang terbatas dan tentu saja tidak mengakibatkan gangguan kesehatan pada diri anda. 

Beberapa makanan pedas biasanya mengakibatkan ibu yang sedang menyusui mulas sehingga sebaiknya dihindari. Makanan pedas yang mengganggu kesehatan ibu menyusui apabila membuat ibu mengalami sakit perut hingga diare akan mengakibatkan kualitas asi menurun, hal ini terkait dengan gangguan kesehatan ibu hamil bukan dikarenakan makanan pedas tersebut. 

Makanan pedas yang berpengaruh pada ibu yang sedang menyusui sedikit kemungkinan akan mempengaruhi bayi. Kandungan rasa pedas yang timbul diakibatkan senyawa yang terkandung yaitu capsaicin pada cabai yang akan mengakibatkan orang yang mengkonsumsinya memiliki rasa panas, terbakar di bagian lidah akan tetapi pada bayi capsaicin di dalam asi tidak akan membuat lidah bayi merasakan panas tersebut.

Perlu anda ketahui bahwa produksi asi dengan cara mengambil nutrisi dari darah ibu bukan dari pencernaan sehingga apabila anda khawatir dengan asi yang berasa pedas akan mempengaruhi bayi anda, anda juga mengkhawatirkan darah yang berasa pedas. Dikarenakan darah yang berperan di dalam produksi asi.

Apabila bayi anda mengalami mencret atau masalah pencernaan dikarenakan anda mengkonsumsi makanan pedas kemungkinan bayi anda mengalami alergi atau sensitif karena kandungan capsaicin yang terdapat di dalam cabai sehingga mempengaruhi pencernaan bayi. Sehingga diduga untuk bayi anda yang mencret setelah anda mengkonsumsi cabai bukan dikarenakan rasa panas cabai yang terdapat di dalam air susu melainkan dikarenakan adanya senyawa capsaicin yang akan bereaksi alergi atau sensitif pada bayi anda.


Ada beberapa rasa yang ditimbulkan oleh konsumsi makanan ibu menyusui memiliki rentan waktu yang berbeda. Salah satu contohnya adalah konsumsi biji jinten yang akan bereaksi dua jam sedangkan untuk daun mint akan bereaksi enam jam setelah mengkonsumsi, bahkan rasa pisang tidak akan terasa pada ASI, terlepas dari itu semua, semua rasa akan menghilang secara keseluruhan pada waktu delapan jam setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa makanan yang berasa pedas tidak akan secara langsung menimbulkan masalah pencernaan pada bayi anda selain itu adapun gangguan kesehatan yang dialami oleh bayi dikarenakan ibu mengkonsumsi pedas bukan karena asi ibu yang berasa pedas pada mulut bayi dan menggangu pencernaannya melainkan dikarenakan adanya senyawa capsaicin yang akan membuat bayi anda sensitif bahkan alergi terhadap makanan pedas tersebut.

Bagi ibu menyusui yang akan mengkonsumsi pedas disarankan untuk membatasi konsumsinya untuk menjaga kesehatan anda, segala sesuatu harus ada porsi atau takaran nya juga jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit juga karena bagi ibu buah hati kita segalanya.

Semoga Bermanfaat.
loading...

Suka Dengan Artikel Kami? Tidak Salahnya Bukan Untuk Berlangganan Artikel Terbaru Dari Dunia-q.com Langsung Via E-mail Mu