Cara Pembuatan e-KTP ( Elektronik KTP )

Cara Pembuatan e-KTP ( Elektronik KTP )

cara pembuatan e-ktp baru


Mengapa harus e-KTP?

e-KTP di Negara Republik Indonesia masih dalam tahap pemerataan baru-baru ini, yah pengerjaan program e-KTP yang menjadi acuan oleh sistem pembuatan KTP konvensional di Indonesia yang memungkinkan masyarakat dapat memiliki lebih dari satu KTP. Maka perilaku tersebut disebabkan belum adanya basis data terpadu yang menghimpun semua data-data penduduk di seluruh Indonesia. Fakta ini jelas menjadi celah yang ingin berbuat tidak dibenarkan terhadap negara republik Indonesia dengan menduplikasi KTP-nya untuk hal-hal berikut diantaranya:

  • Untuk Menghindari pajak baik pajak Perorangan/Perusahaan
  • Menjadikan pembuatan paspor yang tidak dapat dibuat di seluruh kota
  • Pencucian Uang hasil korupsi
  • Bersembunyi dari idenfitas Asli (misalnya oleh para teroris)


Di belahan dunia e-Ktp sudah banyak di pergunakan di negara maju, Khususnya di Eropa Yakni Belgia, Estonia,Australia,Italia, Finlandia, Serbia, Spanyol dan Swedia, di Timur Tengah yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Maroko, bahkan di Asia yakni China dan india.


Apa sih e-KTP (KTP Elektronik )

Untuk sebagian masyarakat awam tentu sangat sulit membedakan KTP Biasa dengan e-KTP, Karena jelas hampir sama bentuk dan warna. Dalam UU No. 23 Tahun 2006 tentang penerapan Adminduk Penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) hanya diperbolehkan mempunyai 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). Apa itu NIK Sahabat? Yah NIK merupakan No Unik yang tertera di KTP berpa sebagai identitas tunggal bagi tiap-tiap penduduk dan berlaku seumur hidup gitu sobat.
Lalu untuk apa nomor NIK yang tertera di e-KTP kita, tetu sangat berguna yakni untuk dijadikan dasar dalam pembuatan Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Polis Asuransi, Sertifikat atas Hak Tanah dan penerbitan dokumen identitas- identitas lainnya.


Penggunaan Sidik Jari Pada Elektronik KTP ( e-KTP )

Menggunakan sidik jari  pada Elektronik KTP (e-KTP) yang modern dan canggih untuk penerapan pada SIM (Surat Izin Mengemudi) selama ini, karena sidik jari yang ada tidak hanya dicetak dalam bentuk gambar (format jpeg) seperti pada SIM, dan dapat dilihat serta dikenali melalui chip yang ada di kartu tersebut, Mengapa demikian karena data yang tersimpan dalam kartu tersebut ternayat sudah melalui proses yang dinamakan enkripsi dengan sistem algoritma kriptografi yang canggih.
Di dalam Proses perekaman sidik jari pada e-KTP yang dapat dikenali dari chip kartu adalah sebagai berikut:

Proses perekaman pada e-KTP mengunakan sidik jari pada setiap orang adalah seluruh jari yang berjumlah sepulu akan tetapi datan yang dimasukan kedalam chip e-KTP yakni hanya dua sidik jari, yaitu jari jempol dan telunjuk kanan saja, Mengapa demikian berikut alasan nya :

  • Dalam segi biaya lebih Ekonomis ( Murah )
  • Keunikan bentuk sidik jari tidak berubah dan dapat terjaga
  • Sidik jadi dikenal Unik kenapa karena meski ada seseorang yang kembar sidik jari mereka akan berbeda tidak akan sama.

Lalu informasi apa saja yang tercantum di dalam e-KTP 

  • NIK
  • Nama
  • Tempat/Tgl Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Alamat (RT/RW, Kel/Desa, Kecamatan)
  • Agama
  • Status Pekerjaan
  • Kewarganegaraan
  • GOL. Darah
  • Berlaku Hingga
  • Foto
  • Tanda Tangan


 Jika sobat ingin mengajukan nya maka harus mengisi formulir tipe F1.01 yang ada di tempat pengajuan e-KTP baik di Kecamatan Setempat atau tempat lain yang membuka perekaman e-KTP.

Lalu apa manfaat bagi masyarakat jika sudah memiliki e-KTP  (Elektronik KTP)

  • Identitas yang hanya tunggal ( satu )
  • Menghindari pemalsuan ( Tidak Dapat Dipalsukan )
  • Tidak dapat digandakan
  • Syarat untuk pemilhan Pilkada/Pemilu
  • e-KTP tentu menjadikan kita tercatat sebagai WNI yang sah di mata Hukum dan Negara
  • e-KTP bisa di gunakan jaminan untuk meminjam uang ke bank bahkan ke teman hehehe
  • e-KTP juga menjadi syarat ketika kamu akan mengarungi bahtra rumah tangga (Syarat Mutlak Pernikaha)
  • e-KTP menjadi salah satu syat untuk pengajuan KPR ( kalo udah nikah kan butuh rumah juga hhe)
  • Syarat Pembuatan Paspor, SIM, BPJS Dsb
  • e-KTP menjadi salah satu identitas saat kamu mengalami musibah ( Kecelakaan ) dan masih banyak lagi kegunaan nya yah sobat.


Lalu apa saja syarat-syarat untuk bisa membuat Elektroik KTP ( e-KTP )
Syarat nya cukup mudah yakni Fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan Surat Pengantar RT/RW Setempat. Tapi untuk yang belum paham simak yu pemaparan berikut :


Syarat penerbitan KTP lama atau e-KTP baru :

  • Usia harus 17 tahun yah sobat.
  • Surat Pengantar  dari pak RT/RW.
  • Fhoto Copy KK.
  • Fhoto Copy Akte Kelahiran.
  • Jika kalian Pindahan Harus Ada Surat Pindah Dari Kelurahan Sebelum Nya yah.
  • Jika kalian dari Luar Indonesia maka harus memiliki surat yang diterbitkan oleh Instansi  yang bersangkutan sebagai pelaksana bagi WNI yang datang dari Luar Negeri dikarenakan berpindah ke Indonesia
  • Selanjutnya bisa langsung datang saja untuk  perekaman fhoto e-KTP atau melampirkan pas foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar di sertakan KTP Lama yah sobat.

Syarat perpanjang KTP :

  • KTP sebelumnya telah habis masa berlakunya tapi untuk e-KTP sudah ada pemberlakuan Seumur hidup, Wah canggih yah gak usah bolak balik kelurahan/Kecamatan hehehe
  • Membawa surat pengantar dari RT/ RW
  • Membawa Fhoto Copy KK
  • Dan yang terakhir mengisi Formulir perpanjangan KTP

Sebetulnya sahabat, pembuatan KTP lama dan e-KTP ( KTP Elektronik ) tidak jauh beda kok. Namun ada yang berbeda dengan tambahan perekaman sidik jari dan scan retina mata kita yang bertujuan agar data kita tunggal sobat agar tidak bisa di palsukan/digandankan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab gitu sobat.

Jika sobat sudah melakukan proses-proses di atas tinggal menunggu hasil nya deh, proses pencetakan biasana memakan waktu antara 2 minggu – 4 bulan lama nya tergantung kecamatan/kelurahan sobat berada, karena mobilitas perjalanan beda daerah bisa sangat berbeda. Sabar dan berdoa aja semoga 
e-KTP nya cepat jadi yah, Selamat menjadi WNI yang baik dan jika dirasa bermanfaat artikel ini silahkan tinggalkan komentar dan bagiakan juga yah untuk teman-teman yang lain, terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat.
loading...

Suka Dengan Artikel Kami? Tidak Salahnya Bukan Untuk Berlangganan Artikel Terbaru Dari Dunia-q.com Langsung Via E-mail Mu

0 Response to "Cara Pembuatan e-KTP ( Elektronik KTP )"

Post a Comment