Gejala difteri dan cara pencegahan

Gejala difteri dan cara pencegahan nya

Imusisasi Difteri Di Sekolah Dasar Kab.Bogor
Imusisasi Difteri Di Sekolah Dasar Kab.Bogor

Dunia-q.com - Hari ini 11 Desember 2017 imunisasi difteri serentak di jakarta, jawa barat, dan banten. di indonesia sendiri Penyebaran Virus Difteri sudah dalam kategori Kejadian luar biasa (KLB) Maka dari itu kementrian kesehatan menghimbau pelaksanaan imunisasi difteri serentak di laksanakan.
Difteri di Jabar, Jakarta maupun banten telah menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit tersebut karena ke tiga kota besar tersebut jumlah penduduk yang padat memungkinkan penyebaran virus difteri sangat cepat.
Menurut info dari kementrian kesehatan selain Jabar, Jakarta, dan Banten Provinsi lain juga akan di laksanankan di awal tahun 2018.
Kepala biro komunikasi pelayanan masyarakat ( Kemenkes ) Oscar Primadi menuturkan tahap yang pertama akan di laksanakan 11 desember 2017 ( Hari Ini ) tepatnya di 3 Provinsi yakni Jabar, Banten dan Dki Jakarta, dan untuk di daerah lain akan segera di laksanakan pada tahun 2018 mendatang.



Apa sebenarnya Penyebab Difteri

Penyakit difteri adalah infeksi yang di sebabkan oleh bakteri Corybacterium diptheriae yang langsung menyerang selaput lendir pada hidung manusia yang berkelanjutan terasa pada tenggorokan, dan bahkan bisa mempengaruhi kulit kita. Karena penyakit ini sangat menular jadi tergolong serius dan mengancam penderita difteri tersebut.
Jadi jika tubuh seseorang tidak mendapatkan vaksin difteri akan sangat mudah sekali terserang dan setelah mengidap difteri bisa menularkan kepada orang di sekitar dengan cara sangat mudah, diantara nya:
  • Menghirup tanpa sengaja percikan ludah orang yang terkena difteri ketika bersin ataupun saat batuk
  • Kontak fisik dengan barang sipenderita difteri yang sudah terkena bakteri, contohnya handuk Hp dll
  • Bersentuhan dengan luka (ulkus) borok pada sipenderita difteri, dan umum nya ia tidak menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar ( pola hidup tidak bersih )


Apa saja gejala Difteri

Inkubasi penyakit Difteri pada dasarnya memiliki masa rentang waktu setelah bakteri masuk ke dalam tubuh seseorang, dan gejala yang muncul diperkirakan 2 – 5 hari sampai memiliki gejala lain nya. Berikut Gejala Difteri:

  • Di tenggorokan akan terbentuk lapisan yang berwarna abu-abu yang menutupi amandel dan tenggorokan si penderita
  • Terasa demam yang menggigil (Meriang)
  • Suara serak diakibatkan sakit di tenggorokan
  • Napas yang cepat bahkan sulit seperti asma
  • Kelenjar limfe pada leher akan membengkak
  • Terasa 4L Lesu,Letih,Lelah,Lemas
  • Gejala Difteri awal biasanya Flu seperti biasanya yang awalnya cair setelah beberapa lama akan menjadi kental bahkan terkadang akan berwarna merah ( bercampur darah )


Cara mencegah difteri dengan imunisasi ( Vaksinasi )

Imunisasi ( Vaksianasi ) adalah langkah awal pencegahan yang dirasa sangat efektif untuk mencegahan penyakit difteri, tetapi pencegahan difteri juga tergabung dalam vaksin DPT pada umumnya, antara lain vaksin tetanus dan pertusis ( batuk rejan )

Imunisasi ( Vaksin ) DPT tergolong wajib bagi anak umumnya di indonesia karena imunisasi yang di lakukan 5 kali pada saat buahati kita berusia antara 2 bulan sampai 5 tahun.
Tahapan selanjutnya pada usia sekolah dasar ( SD ) jadi jangan kaget atau heran jikalau bapak ibu orangtua melihat anaknya selalu di Imunisasi ( Vaksinanasi ) di sekolah-sekolah tempat buahati bapak,ibu menuntut ilmu yah, karena ini bagian dari program pemerintah yang bertujuan baik, positif demi kelangsungan dan masa depan bangsa indonesia.

Pada dasar nya pencegahan yang baik yakni memiliki lingkungan hidup yang bersih, tidak kotor (jorok), istirahat yang cukup serta makan teratur dengan pola 4 sehat 5 sempurna.
Jika dirasa badan sedang tidak enak ( merasa sakit ) apa lagi memiliki gejala-gejala di atas segera berobat ke dokter, puskesmas terdekat.

Semoga bermanfaat, dan semoga kita semua selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT Aamiin Ya Rabal Aalamiin.. jika dirasa bermanfaat silahkan tinggalkan komentar dan jangan lupa di bagikan, Terimakasih





loading...

Suka Dengan Artikel Kami? Tidak Salahnya Bukan Untuk Berlangganan Artikel Terbaru Dari Dunia-q.com Langsung Via E-mail Mu

0 Response to "Gejala difteri dan cara pencegahan"

Post a Comment