Tempat Wisata Di Wakatobi

Tempat Wisata Di Wakatobi Sulawesi Tenggara
"Wakatobi Taman Bawah Laut Di Indonesia"




Sulawesi Tenggara - Wakatobi merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara, kabupaten ini terletak di tengah lautan. Namun herannya nama wakatobi begitu terkenal di kalangan wisatawan asing. Pesona wakatobi yang dapat membuat para wisatawan rela menempuh perjalanan jauh untuk menemukan kecantikan dan kekayaan alam bawah lautnya.

indonesia itu indah
Taman Nasional Bawah Laut Wakatobi
Wakatobi merupakan merupakan singkatan dari Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko yaitu nama empat pulau besar dalam kawasan Taman Nasional Wakatobi.
Tak ada yang bisa menyangsikan keindahan bawah laut taman nasional wakatobi, wisata laut yang masuk kawasan segitiga karang dunia ini menjanjikan surga bawah laut dengan pemandangan yang hanya ada di Kawasan Timur Indonesia.

TNW merupakan terumbu karang tunggal terbesar di dunia, dengan memiliki sekitar 750 jenis terumbu karang dan biota laut yang masih alami, termasuk terdapat 942 jenis ikan, 25 gugusan terumbu karang, hamparan terumbu karang terbentang luas dengan topografi bawah laut yang kompleks seperti bentuk slope, flat, drop off, atoll dan underwater cave ditambah kekayaan biota laut yang beraneka ragam. Kedalaman lautnya bervariasi dengan dasar perairan berpasir dan berkarang. dan berbagai jenis karang bisa ditemukan di kawasan tersebut. Tentu dengan keanekaragaman hayati tersebut, TNW menjadi surga bagi para penyelam dari segala penjuru dunia.
Berkunjung di wakatobi, tak sekedar keindahan alam bawah laut yang bisa dinikmati tapi saat berada di darat, kita dapat menyaksikan berbagai atraksi budaya seperti pesona darat Pulau Wangiwangi adalah pada mata air-mata air di celah-celah bukit kapur, juga beberapa benteng dan masjid tua sisa Kerajaan Buton.


menikati keindahan bawah laut Wakatobi
Adapun Pulau Kalidupa dan Tomia kaya pemandangan pantai serta tarian tradisional. Pulau Terujung, yaitu Binongko, yang dulu dikenal sebagai Pulau Tukang Besi, dimana dipulau ini memang dipenuhi para pandai besi. Hal yang menarik adalah saat mereka menempa besi panas. Sayangnya, sebagian pandai besi sudah memakai pipa pralon menggantikan bambu sebagai alat peniup api. Dan di Pulau Binongko pula penenun tradisional masih memberi pesona fotografis. Tenun yang mereka buat selama sepekan sampai sebulan bisa langsung dibeli.
Jika Kalian Berkunjung Ke Wakatobi Hal Apa Yang akan kalin Lakukan ?
Berikut Tempat Wisata Di Wakatobi Kami Beri Sedikit Ulasan Mengenai Aktivitas Yang Sangat Menarik Yang Perlu Anda Coba Selama Berada Di Wakatobi :

Bukit Tomia Wakatobi 


bukit tomia wakatobi


Pengunjung yang datang ke Bukti Tomia banyak juga loh sahabat, karena disana menjadi salah satu icon Wakatobi dari ketinggian melihat pemandangan Wakatobi.
Konon katanya Bukit Tomia mitosnya jaman dahulu adalah dasar laut loh sahabat, tapi jangan khawatir disana kita akan dapat secara leluasa dalam menikmati pemandangan Wakatobi jelas melihat dari ketinggian.
Ada alasan kuat mengapa banyak oraang mengira bahwa bukit tomia adalah dasar laut di jaman dulu karena ada banyak karang besar yang ditemukan pada bagian tanahnya dan tidak hanya pemandangannya yang menyejukkan hati, bikin mata kita jadi fresh namun kesegaran udaranya pun akan menjadi favorit bagi para pengujung dalam negeri atau luar negeri sahabat.

Di bukit tomia kebersihan nya sangat terjaga sahabat, sehingga setiap pengunjung akan merasakan kenyamanan lebih selama berada di bukit tomia kebersihan memang tergolong masih pada kondisi yang baik dan terjaga, ini karena lokasi Bukit Tomia sendiri masih jarang didatangi mungkin karena belum banyak yang tahu kalo di wakatobi ada bukit yang indah diselimuti hamparan hijau nya pemandangan.


Baca Juga Keajaiban Di Pulau Komodo


Kewakatobi pasti mau Snorkeling dan Diving iya kan 


Pesona indonesia di wakatobi

Snorkelingmenikmati keindahan alam bawah laut 

Semua pengunjung yang menginjakan kaki nya di Wakatobi, hal pertama yang ada di fikiran kita para pasti snorkeling, memang cukup dengan snorkeling saja sudah bisa melihat keindahan dunia bawah laut yang ada di Wakatobi karena memang air lautnya begitu bening sehingga tidak perlu menyelam pun mata kita sanggup menangkap kehidupan laut di dalamnya. Sejumlah bebatuan koral juga akan membuat kita terpesona selama ber-snorkeling, tapi bagi yang lebih suka menyelam/diving juga boleh mendapatkan pengalaman baru ber-diving ria di Wakatobi ini. Keuntungan dari menyelam adalah dapat melihat secara lebih jelas dan dekat akan segala yang hidup di bawah laut. Hanya saja, jangan lupa untuk membawa kamera khusus yang bisa digunakan merekam di bawah air sehingga semua keindahannya dapat diabadikan.

Untuk spot snorkeling-nya sendiri juga ada di mana-mana dan bisa dengan mudah dijangkau sesuai dengan pilihan kita. Bila cukup membingungkan, kita bisa coba bertanya kepada orang-orang sekitar dan juga mereka yang sudah mengantarkan kita dengan kapal. Demi mendapatkan pengalaman snorkeling yang luar biasa, Pulau Hoga dan Pulau Tomia adalah yang paling populer dan paling direkomendasikan untuk dicoba. Pulau Hoga sendiri adalah sebuah pulau yang tidak begitu besar dan letaknya ada di dekat Kaledupa.


Tarian Khas Suku Buton


tarian sulawesi tenggara
Tarian Lulo Khas  Sulawsi Teggara


Uniknya Tarian khas Suku Buton menjadi tontonan yang baru untuk kita di Wakatobi juga sangat kaya akan seni dan budayanya di mana tarian khas suku Buton bisa disaksikan untuk menambah pengetahuan dan inspirasi para wisatawan, tarian yang dimaksud antara lain adalah tarian perang suku Buton di mana anak-anaklah yang biasanya memperagakan dan tarian ini disebut tarian Eja-eja. Tarian lainnya yang juga cukup populer di Wakatobi adalah tarian dengan latar belakang seorang pria perantau pulang ke kampung halaman dan memilih seorang wanita untuk dijadikan istri; tarian tersebut bernama tarian Mborira.

Wisata Ke danau toba dengan sejuta keindahan 

Berkunjungan ke Desa Suku Bajo


pulau wakatobi


Satu lagi keunikan yang harus anda ketahui sahabat, rumah-rumah yang terlihat di Desa Suku Bajo bukanlah terletak di daratan atau di atas pulau, namun rumah-rumah mereka didirikan di atas laut. Penduduk di sana dulunya tidak punya tinggal tetap dan selalu tinggal di perahu, namun sekarang akhirnya mereka bisa mendirikan rumah dan tidak lagi hidup secara nomaden. Saat menyambangi Wakatobi, kunjungan akan terasa lebih sempurna bila Desa Bajo ini masuk di dalam daftar destinasi dan bahkan di tempat inilah pengunjung bisa menonton anak-anak suku Bajo yang luar biasa dalam bermain futsal eit bukan di tanah yah sobat tapi diatas air penasaran kan, Jadi bagaimana sahabat tertarik untuk berkunjung kesana?
Atau sudah pernah menikmati indahnya Wakatobi, Silahkan tinggalkan komentar nya yah salam Traveling.

loading...

Suka Dengan Artikel Kami? Tidak Salahnya Bukan Untuk Berlangganan Artikel Terbaru Dari Dunia-q.com Langsung Via E-mail Mu

0 Response to "Tempat Wisata Di Wakatobi"

Post a Comment